Review

Penyebab Ngegame Lag di Ponsel Kalian

Penyebab Ngegame Lag di Ponsel Kalian

 

Hai sobat Vicigers apa kabar semuanya?? pastinya sehat selalu yaa, yang penting jangan sampai sakit handphonenya yaa hehehehe, kalian pernah masalah ngelag saat main game di ponsel merupakan kondisi yang menjengkelkan karena mengganggu keasyikan saat bermain. Lagging pada ponsel dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Setiap game memiliki persyaratan sistem (requirement) yang berbeda-beda, tergantung ukuran file, kualitas grafis, dan jumlah data di dalamnya. Untuk bisa menjalankan game dengan lancar, ponsel mesti memenuhi persyaratan sistem yang memadai.

Dilansir dari berbagai sumber, persyaratan sistem mencakup beberapa aspek. Jika aspek itu tidak terpenuhi, akan membuat smartphone ngelag saat digunakan menjalankan game berukuran besar.

Berikut ini beberapa faktor yang bikin main game di ponsel ngelag.
  1. Performa CPU dan GPU

Untuk memainkan game, apalagi yang memiliki grafis berkualitas tinggi, dibutuhkan kecepatan prosesor yang mumpuni. Semakin tinggi kecepatan CPU, maka waktu memproses data lebih cepat sehingga tidak mengakibatkan lag. Selain itu, dibutuhkan juga GPU yang andal untuk mengolah grafis agar gambar bisa bergerak dengan halus tanpa patah-patah. Jika CPU dan GPU tidak memenuhi persyaratan sistem game, maka waktu proses menjadi lelet dan terjadi lag saat menjalankan game.

  1. Kapasitas RAM

RAM pada ponsel bertugas memproses data dari aplikasi yang dijalankan. Game-game berukuran besar membutuhkan RAM berkapasitas besar untuk memproses data. Jangan heran jika game ngelag saat dijalankan pada ponsel dengan kapasitas RAM di bawah persyaratan sistem, karena perangkat tidak mampu memproses data game dengan cepat.

  1. Memori Penuh

Akibat memori internal penuh, ruang untuk menyimpan data aplikasi tidak memadai. Hal itu bisa menjadi penyebab ponsel mengalami lag saat memainkan game yang butuh ruang penyimpanan data besar jadi sobat sering-sering banyakin istirahat ya handphonenya.

  1. Konektivitas

Mayoritas game populer saat ini dimainkan secara online. Sehingga, butuh konektivitas memadai agar game berjalan dengan lancar. Kecepatan jaringan dan teknologi Wi-Fi paling mutakhir membuat ponsel memiliki konektivitas internet cepat buat mengolah data pada game, sehingga tidak terjadi lag. Jika koneksi internet lemah, praktis game tidak bisa dimainkan dengan optimal akibat lag. maka dari itu sobat vicigers pastikan konektivitasnya kenceng ya dan jangan main dulu ketika jaringan lagi jelek.

mungkin segitu aja dari mimin buat kalian semua yang mengalami lag disaat main game yang lagi asik asiknya, jadi sobat vicigers bisa menerapi dari pengalaman yang mungkin handphone dari masing-masing kalian kurang memadai cari dengan kapasitas ram dan prosesor yang bagus dan harga yang terjangkau 🙂

Nantikan terus informasi terupdate seputar game hanya di VCGamers. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook VCGamers ya!

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Review