Playstation

PS5 Ultimate Guide

PS5 Guide Accessories

PS5 atau PlayStation 5, adalah konsol kelima dari Sony. Sebagai penerus dari PS4, yang dirilis pada November 2013. Sony telah mengumumkan tanggal perilisan PS5 pada 12 November 2020 di beberapa negara seperti US, Japan, South Korea, Canada, Mexico, Australia dan New Zealand. Untuk di Indonesia sendiri, PS5 akan dirilis pada tanggal 22 Januari 2021 dengan dibukanya Pre-Order pada tanggal 18 Desember 2020. Perusahaan Sony juga telah mengkonfirmasi Cara Pre-Order PS5, harga retail PS5, dan dimana membeli PS5 di seluruh Indonesia untuk dapat kamu order secepatnya.

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan data PlayStation 5 yang akan kami bagikan kepada kamu. Termasuk dari sistem hardware, SSD, fitur ray tracing, dan 3D audio. Dengan tambahan, kamu dapat mengetahui apa saja game-game yang akan dirilis di PS 5 dan kapabilitas PS5 dari versi-versi sebelumnya.

PS5 Guide: Hardware

PS5 Guide

PS5 adalah seri konsol yang paling canggih dan inovatif yang pernah Sony buat. Dengan kostumisasi CPU dan GPU, sistem dari PS5 juga dilengkapi dengan ultra-high speed SSD hard drive sehingga dapat memuat ulang lebih cepat dari versi sebelumnya. Terlebih lagi, konsol ini juga telah mengumumkan bahwa PS5 juga dilengkapi dengan fitur hardware ray tracing, mendukung 120 frames-per-second, gambar dengan 8K output, dan 3D audio.

  • The ultra high-speed SSD artinya loading game akan menjadi jauh lebih cepat dari biasanya. Ini juga artinya, banyak kemungkinan yang dapat dilakukan oleh developer game untuk mengembangkan game-game ciptaan nya seperti, inter-dimensional transitions dari game Ratchet & Clank: Rift Apart
  • Hardware ray tracing memungkinkan sinar cahaya di dalam game untuk dapat disimulasi, membuat refleksi dan bayangan menjadi lebih realistis, dari konsol sebelumnya. Dengan fitur ini, para Developer Game seperti game Gran Turismo 7 dapat menciptakan visualisasi di game nya sampai tahap yang lebih baik.
  • Support sampai dengan 120 frames-per-second, pada beberapa game yang sudah rilis di PS4 dan dapat dimainkan di PS5, akan menjadikan game tersebut lebih smooth ketimbang dimainkan di PS4. Meskipun diserahkan kembali kepada pihak developer untuk menjadikan gambar / frame rate game nya lebih baik atau tidak. Tapi setidaknya pihak Sony telah membuat fitur ini bukan?
  • 8K output berarti PS5 akan kompatibel dengan display resolusi 4320p. Sekali lagi, semua akan diserahkan kepada pihak pengembang / developer game untuk menjadikan game buatan nya support display sampai dengan resolusi tersebut atau tidak.
  • 3D audio, dilengkapi dengan program hak milik PlayStation Tempest Engine, yang dapat memproses kurang lebih 1000 sumber suara sekaligus. Membuat scope suara yang sangat detail demi kenyamanan kamu dalam bermain game-game yang ada di PS5.

Spesifikasi

Spesifikasi PS5, atau technical specifications, dari PS5 ciptaan Sony ini memiliki spek yang sangat mumpuni. Berikut daftar spesifikasi nya:

Component Specifications
CPU 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz (Variable Frequency)
GPU 36CUs at 2.23GHz (Variable Frequency)
GPU Architecture Customised RDNA 2
Memory 16GB GDDR6
Memory Bandwidth 448GB/s
Storage 825GB Customised SSD
I/O Throughput 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)
Optical Drive (Optional) 4K UHD Blu-ray Drive
Dimensions 390mm x 104mm x 260mm*
Weight 4.5kg*

* Dimensions and weight apply to standard PS5

SSD

Sony telah membuat SSD yang dapat membuat kecepatan transfer data yang sangat cepat. Keuntungan dari teknologi ini memungkinkan game untuk memuat data lebih cepat, dan juga menciptakan kemungkinan gameplay baru dari pihak developer, seperti Ratchet & Clank: Rift Apart. Perbandingan yang menunjukan perbedaan antara output I/O PS5 dengan yang lainnya.

Component PS5 Xbox Series X PS4
I/O Throughput 5.5GB/s (Raw)

8-9GB/s (Compressed)

2.4 GB/s (Raw)

4.8 GB/s (Compressed)

~50-100MB/s

Dalam hal kapasitas penyimpanan, SSD PS5 sangatlah unik yaitu 825GB, kamu juga dapat menambahkan kapasitas ini dengan membeli NVMe SSD drives. Untuk lebih lengkapnya berikut link yang kami rangkum SSD Drive yang Kompatibel dengan PS5

Ray Tracing

Fitur Ray tracing adalah teknologi grafis yang di design untuk mensimulasi bagaimana cahaya dan bayangan sebagaimana mestinya di dalam dunia nyata. Ray Tracing membuat dan mendeteksi setiap sumber cahaya, yang dapat membuat photo-realistic scenes. Ini merupakan teknologi yang sama seperti film-film CGI oleh perusahaan film besar seperti Universal Studio, Disney Pixar dan lainnya.

3D Audio

3D Audio, dibuat dengan menggunakan teknologi yang diciptakan khusus oleh Sony, yaitu Tempest Engine, yang memungkinakan simulasi suara dari berbagai arah dan dapat mencapai kurang lebih 1000 sumber suara berbeda. Teknologi ini memungkinkan konsol untuk memberikan suara yang lebih natural, yang dimana membuat konsol dapat mensimulasi suara lebih akurat dari arah yang berbeda sesuai dengan dimana posisi karakter kamu.

Tidak hanya itu, dengan fitur ini juga akan memungkinkan semua gameplay mechanic, mungkin ada saat dimana area yang dimainkan gelap, dan kamu harus menggunakan suara untuk menavigasi karakter yang kamu mainkan.

Troubleshooting

Seharusnya, PS5 sudah dapat dimainkan tanpa ada kendala. Namun hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa setiap mesin akan selalu ada kekurangan. Sebagai contoh, beberapa pengguna PS5 mendapatkan kendala controller PS5 DualSense tidak dapat mengisi daya saat Rest Mode, dan ada pula yang melaporkan masalah dengan download queue. Dengan menyebarnya masalah ini, kami merangkum apa saja kemungkinan kendala yang akan kamu alami ketika mempunyai PS5.

PS5 Guide: Games

PS5 Guide Games Horizon Forbidden West

Sebuah konsol tidak akan berguna bila tidak ada game yang dapat dimainkan, dan Sony mempromosikan PS5 dengan marketing slogan Play Without Limits. Beberapa game yang akan kamu dapatkan dari pengembang yang juga dari perusahaan Sony yaitu SIE ( Sony Interactive Entertainment ) Worldwide Studio seperti:

  • Astro’s Playroom (Japan Studio) – pre-installed on PS5
  • Demon’s Souls (Bluepoint Games / Japan Studio) – IDR 1,029,000 (SRP)
  • Marvel’s Spider-Man: Miles Morales (Insomniac Games) – IDR 729,000 (SRP)
  • Marvel’s Spider-Man: Miles Morales Ultimate Edition (Insomniac Games) – IDR 1,029,000 (SRP)
  • Sackboy A Big Adventure (Sumo Digital / XDEV) – IDR 879,000 (SRP)

Kamu juga dapat melihat list game yang akan dirilis di konsol PS5: Game PlayStation 5 yang akan Rilis di Tahun 2021

Backwards Compatibility

Seperti yang telah disebutkan diatas, PS5 dapat memainkan lebih dari 1000 game PS4 dari sejak dirilis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat melihat artikel yang telah kami rangkum: PS5 Backwards Compatibility

PS5 Guide: DualSense

PS5 Guide DualSense Controller

DualSense adalah nama joystick next-gen dari konsol PS5, dan merupakan karakter nama dari joystick yang diproduksi oleh Sony sejak Dualshock nya PS1. Bentuk nya hampir sama dengan design joystick PS4, DualShock 4, namun disini akan ada beberapa fitur yang sangat berbeda dengan pendahulunya. Di Antara tombol yang ada, terdapat haptic feedback, adaptive triggers, dan built-in microphone array. Kamu dapat pelajari lebih lanjut di artikel kami: PS5 Controller: DualSense Features, Price, and Battery Life.

  • Haptic feedback berfungsi sama dengan vibrasi motor yang terdapat di DualShock 4, namun sensasi nya sangat detail, berfungsi untuk membuat sensasi bermain kamu lebih menantang
  • Adaptive triggers memungkinkan tombol L2 dan R2 untuk secara dinamis menyesuaikan tekanan saat kamu menekannya.
  • Built-in microphone array yang terdapat dalam DualSense dapat digunakan untuk berkomunikasi ketika kamu memainkan mode Multiplayer Online dengan pemain lain tanpa harus menggunakan headset. Kamu juga dapat menggunakan microphone/headset tambahan sesuai pilihan kamu. Namun Sony membuat hal tersebut pilihan optional karena menganggap bahwa komunikasi dalam mode multiplayer online adalah hal yang sangat mendasar.

Create Button

DualSense Create Button merupakan evolusi dari DualShock Share Button. Terletak di sebelah kiri joystick, Sony menyatakan bahwa “pioneering new ways for players to create epic gameplay content to share with the world, or just to enjoy for themselves” artinya, “menjadi pionir dalam cara baru untuk membuat konten bermain dan membagikannya kepada seluruh dunia, atau hanya untuk kesenangan masing-masing pemain”

PS5 Guide: Accessories

PS5 Guide Accessories Sony telah mengumumkan apa saja aksesoris yang akan tersedia secara official yang dijadwalkan akan dirilis bersamaan dengan perilisan PS5. Pilihan dari aksesoris ini sendiri terdiri dari: Media Remote, HD Camera, DualSense Charging Station, dan Pulse 3D Wireless Headset.

Kamu dapat melakukan pre-order bersamaan dengan pre-order konsol PS5.

Media Remote

Remote control yang ramping dan stylish, Media Remote PS5 dilengkapi dengan microphone untuk voice recognition. Terdapat 4 tombol di remote ini untuk layanan media, memberikan kamu quick access seperti, Disney+, Youtube, Netflix, dan Spotify. Design dari Remote ini selaras dengan warna PS5 dan DualSense, membuat ini sebagai pilihan menarik untuk mengakses seluruh fitur multimedia yang terdapat di PS5.

HD Camera

Sebuat evolusi dari PlayStation Camera, PS5 HD Camera memberikan fitur lensa 1080p dan ditargetkan sebagai aksesoris wajib yang kamu miliki sebagai gaming streamers.

DualSense Charging Station

Dualsense Charging Station untuk mengisi daya dari controller DualSense kamu. Mengadopsi dari desain yang sama dengan controller PS5 itu sendiri membuat nya sangat eye catchy untuk kamu penggemar konsol buatan Sony. Dilengkapi dengan 2 USB-C port pada bagian bawah nya.

Pulse 3D Wireless Headset

Di Desain dengan kompatibilitas teknologi Tempest Engine-3D audio milik Sony, Pulse 3D Wireless Headset juga dilengkapi dengan fitur microphone noise cancelling demi kualitas terbaik selama berkomunikasi dengan pemain lain.

PS5 Guide: PSVR

PS5 Guide PSVR

PlayStation VR merupakan headset virtual reality yang dirilis Sony pada Oktober 2016 lalu. Dikenal sebagai PSVR, teknologi ini juga membuat kamu merasakan pengalaman bermain layaknya kamu sendiri ada didalam game tersebut. Dengan kualitas gambar 3D, seluruh dunia dalam game dari atas, bawah, samping, dan belakang. PSVR akan dapat digunakan di PS5, baik untuk game yang sedang di develop maupun game yang telah rilis di PS4.

Untuk dapat menggunakan PSVR di PS5, kamu tetap membutuhkan adaptor kamera spesial. Pelajari lebih lanjut di: How to Get a Free PS5 PlayStation Camera Adaptor for PSVR

PS5 Guide: UI

PS5 Guide Operating System

Sony telah memperkenalkan UI (User Interference) dari PS5, bersamaan dengan fitur apa saja yang terdapat didalamnya. Meski sistem operasi yang digunakan tidak jauh berbeda dengan PS4, namun didalam PS5 kamu akan diperkenalkan dengan fitur yang sangat berbeda. Dijalankan dalam resolusi 4k dan HDR, User Interference PS5 menunjukkan inovasi baru seperti, Control Center, Cards system, dan Game Help. Sebagai tambahan, PlayStation Store telah terintegrasi dengan system level. Bukan merupakan aplikasi tersendiri lagi, akan membuat PlayStation Store dijalankan lebih cepat di PS5. Berikut penjelasan masing-masing fitur UI (User Interference) yang ada di PS5:

Control Center

Fitur tambahan yang paling signifikan dalam UI PlayStation 5 adalah Control Center. Untuk cara mengaksesnya, kamu dapat menekan tombol PlayStation pada controller DualSense kamu, menu ini digunakan untuk melihat seluruh opsi fitur yang tersedia di PS5. Menu ini memperlihatkan Cards, fitur achievement PS5. Sebagai contoh, bila kamu memainkan game seperti Sackboy: A Big Adventure, kamu dapat menggunakan fitur Cards untuk mengakses level tertentu atau melihat progres koleksi yang telah kamu dapatkan di dalam game tersebut. Dibawah fitur Cards, akan ada sebaris ikon fitur lainnya seperti, Home Screen, mengganti Game terakhir yang kamu mainkan, notifikasi, profile, Party, dan Settings. Bagian ini dapat kamu ubah sesuai dengan kebutuhan kamu di Control Center ini.

Cards

Diakses melalui Control Panel, fitur Cards System merupakan fitur terbaru dari console buatan Sony, yang dapat kamu gunakan untuk di dalam game dengan cara yang unik. Tekan tombol PS pada controller DualSense untuk membuka Control Center, pilih Cards dan berikut fitur yang tersedia di menu ini:

  • Official news: Kamu dapat melihat update dan news dari game tersebut.
  • Activities: Apabila kamu ingin memainkan level, misi, atau mode yang tersedia di dalam game, dapat langsung kamu akses melalui Cars. Fitur ini disebut Activities, dan dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat langsung pindah ke mode game yang kamu pilih. Activity Cards juga dapat merekam berapa lama misi yang kamu mainkan.
  • Game Help: Beberapa game PS5 seperti Sackboy: A Big Adventure, memiliki fitur Game Help. Fitur ini digunakan oleh developer game untuk menyediakan official guides dan video untuk membantu kamu menemukan kolektibel item didalam game tersebut. Namun tidak semua game menyediakan fitur ini demi mencegah adanya Spoiler. Game Help adalah salah satu fitur PS Plus.
  • Recent screenshots or Video Clips: Cards juga memberikan kamu akses cepat untuk melihat gambar yang telah kamu screenshot atau video yang kamu rekam, tanpa harus membuka navigasi media gallery. Dan kamu langung mengupload gambar/video ini ke channel sosial media yang kamu miliki.
  • Parties and multiplayer: Bila kamu ada didalam Party bersama teman-teman kamu di PS5, Cards dapat memberikan akses langsung untuk fitur ini. Dan juga, apabila teman kamu bermain dalam 1 grup, kamu dapat lagsung masuk kedalam game bersama teman kamu dengan mudah.
  • Trophies: Cards juga dapat memperlihatkan Trophies yang sedang kamu kerjakan. Fitur ini dapat menunjukan sampai dimana progress yang telah kamu lalui.

Home Screen

PS5 Home Screen adalah halaman utama yang akan kamu lihat diawal booting saat kamu menyalakan PS5. Terlihat sama seperti halaman utama PS4, dengan beberapa ikon dari game dan aplikasi yang terakhir kamu buka atau mainkan.

Pada bagian Explore, tempat dimana publisher dan developer membagikan update baru untuk game yang telah kamu beli. Fitur ini pertama dirilis hanya di US dan negara lain akan dapat mengakses nya dalam waktu dekat

PlayStation Store

Dapat diakses melalui halaman utama, PlayStation Store PS5 ini dibuat lebih menarik di PS4. Tidak seperti PS4 dimana PlayStation Store adalah aplikasi lain, PS Store telah terintegrasi di dalam menu utama PS5

Firmware Updates

Setelah PS5 dirilis, kamu akan menemukan seluruh rekaman PS5 firmware updates. Bookmark halaman ini atau periksa kembali untuk info selanjutnya.

Version Date Overview
20.02-02.25.00 17th November, 2020 Improves system performance
20.02-02.26.00 25th November, 2020 Improves system performance

PS5 Guide: Apps

PS5 Guide Apps

PS5 merupakan game console pertama yang menyediakan berbagai macam multimedia apps. Tidak hanya bermain game, kamu juga dapat menemukan seluruh PS5 apps yang dapat kamu lihat melalui link ini. Beberapa contoh aplikasi yang ada seperti: Netflix, Apple TV, and Disney+ dapat kamu akses melalui tampilan berbeda pada halaman Home PS5 kamu.

Kami telah menyimpulkan seluruh fitur dan apa saja yang terdapat didalam PS5. Jangan lupa untuk bookmark halaman ini dan tunggu update selanjutnya tentang next-gen console milik Sony. Dan apabila kamu memiliki pertanyaan, saran atau tips lainnya dapat kamu isi pada kolom komen dibawah. Happy gaming VCGamers!

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
vcgamers
Saya merupakan salah satu dari pencari berita mengenai permainan games online yang ada di Indonesia.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Playstation